Rabu, 02 November 2011

Hidup di era digital, Luas dan mudah dijangkau

Buat saya yang hidup dijaman serba digital seperti saat ini seperti kita hidup didalam ruang tanpa batas namun mudah dijangkau. Nggak cuma sebatas ngeblog atau facebookan sekarang kita banyak disuguhi oleh berbagai macam aplikasi internet yang bisa menjadi candu bagi penikmatnya. Kita ambil contoh BliBli.com dengan gebrakannya di pasar online yang seolah mengubah gaya hidup seseorang yang semula hanya belanja dari toko toko dunia nyata kini bisa beralih belanja ke Toko digital atau yang biasa kita sebut Toko Online.

Keuntungan yang kita dapat, nggak perlu capek jalan - jalan ke mall, cukup duduk dan buka komputer sudah bisa belanja dimana aja, memilih apa saja sesuka kita, tanpa perlu malu dilihat orang. Apalagi sekarang dengan munculnya berbagai macam smartphone dengan jaringan Internet yang mampu melakukan konektivitas 3G sehingga kita dapat membuka halaman di internet dengan cepat, mudah, dimana saja dan kapan saja. Inilah yang saya sebut sebagai Era ruang tanpa batas namun mudah dijangkau.

Hal lain yang saya nikmati Hidup di Era Digital adalah Traveling. Orang jaman dulu ingin melihat danau toba harus jauh - jauh ke Pulau Sumatra dengan naik kendaraan, tapi sekarang hal itu sudah nggak perlu dilakukan, cukup buka komputer yang sudah terkoneksi dengan internet, buka Youtube masukkan kata Danau Toba, Jreng banyak banget videonya mulai dari yang amatiran sampai yang profesional sudah tersedia untuk dinikmati.  Pengen pergi ke Jepang buka YouTube, Mau pergi ke Roma buka YouTube, apa - apa YouTube deh, apalagi kita sudah punya temen banyak dan mereka juga sudah terkoneksi dengan internet, makin asik aja chating sambil nonton video yang sama walaupun jauh tapi terasa nonton berdekatan.

Buat yang pengen duduk - duduk saja bisa dapat uang, kini semua itu mungkin terjadi padahal dulu sebelum Era Digital datang hal itu seperti mimpi indah di siang bolong yang ketika bangun ternyata bukan hal yang nyata. Tapi, saat ini buat yang hobi nulis kalian bisa dapat uang walaupun hanya duduk - duduk sambil minum kopi. Beneran kok saya nggak bohong, siapa yang mau ngasih uang buat orang yang kerjanya cuman duduk - duduk doang jawabannya yaitu IDblognetwork (IBN).

Saya pribadi dulunya juga nggak percaya masak ada orang yang kerjanya cuman duduk - duduk doang sambil mainan komputer bisa dapat uang ironisnya sampai sekarang orang tua saya juga masih belum percaya kalau saya bisa cari uang via internet yang kerjanya cuman mainan komputer, duduk manis, sambil minum minuman favorit Coffee. Tapi buktinya ada, awalnya teman saya yang mengajari mainan blog, lalu ketagihan wal hasil sampai sekarang sudah 2 tahun berlalu masih Passion sama yang namanya ngeblog hebatnya lagi semakin hari  bukannya bosen malah semakin ketagihan, bahkan sempet dimarahin gara - gara sampai lupa makan karena keasikan.

Berterima kasihlah kita kepada penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium yang bernama Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee berkat jasanya kita dapat mengakses situs dengan mudah hanya menghafkan melalui nama yang ditulis dengan huruf, bayangkan saja bila Pak Tim Berners Lee ini belum menemukan WWW kita harus susah payah mencatat alamat website yang ditulis dengan angka yang begitu rumit, kira - kira panjangannya melebihi nomor Handphone yang kita gunakan saat ini. Dan tak kalah pentingnya adalah penemuan email.

Email ditemukan oleh Pak Roy tomlinson pada tahun 1972, pada saat itu saya masih belum lahir. Email inilah yang menurut saya juga termasuk sarana paling penting di era digital. Bayangin aja kalau nggak ada email, kita harus kirim - kiriman surat dengan Atasan yang berada di Jakarta sedangkan kita ditugaskan di Surabaya harus nunggu berhari - hari baru bisa sampai di Jakarta. Kini dengan adanya email hal itu sudah tidak perlu dilakukan, cukup buka Microsoft Word ketik yang rapi simpan,  lalu buka email tinggal klik send  surat sudah sampai di Jakarta. Cepat, Aman dan Dijamin selamat sampai tujuan.

Namun, walaupun kita hidup di Era Digital yang serba mudah dan bebas kita juga harus mentaati UUD yang berlaku di Negara tercinta Indonesia atau yang di sebut UU ITE ( Undang - Undang Informasi dan Teknologi ). Adapaun hal yang dilarang adalah mengakses situs dengan konten pornografi, judi, SARA dan sebagainya. Transaksi online yang pun juga ada UU nya loh ! Untuk itu sebagai pengguna Internet kita wajib tahu setidaknya pernah membaca Undang - Undang agar hidup di Dunia Digital jadi lebih baik.

Edwardo Dion Pratama
dionpratama01@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar