Rabu, 30 November 2011

Benarkah Perkembangan Teknologi menghemat waktu ?

Seperti yang telah saya rasakan bahwasanya teknologi saat ini berkembang begitu pesat. Kadang saya merasa bahwa teknologi ini sudah tidak dapat ditinggalkan dari kehidupan kita. Memang teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, menghemat waktu. Yang sebelumnya untuk berkomunikasi dengan orang lain kita harus datang berhadapan langsung dengan orang tersebut tapi kini sudah tidak lagi karena sudah ada ponsel.

Tapi benarkah teknologi benar - benar menghemat waktu dan menggunakan waktu dengan efisien ? Jawabnya belum tentu.

Awalnya memang terasa bahwa teknologi itu mampu menghemat waktu dalam melakukan aktifitas kita, tapi lama - lama saya menyadari bahwa semakin kita masuk dan menyatu dengan teknologi maka semakin banyak waktu kita yang terbuang. Aneh memang membaca tulisan saya yang satu ini, dan banyak orang yang tidak menyadarinya. Maka itu dalam jurnal saya kali ini saya membahas masalah waktu dalam perkembangan teknologi.

Berawal dari sebuah mesin ketik hingga berhasil menjadi sebuah komputer pintar yang mampu secara instan mencetak hasil ketikan yang telah kita buat. Yang dulunya komputer adalah pengganti mesin ketik kini bukan lagi sekedar mesin ketik. Dengan berbagai kecanggihan teknologi yang dapat dibenamkan dalam sebuah komputer menjadikan komputer sebagai alat yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan kita saat ini. Secara harfiah memang sangat menghemat waktu dalam menyelesaikan tugas. Namun hal itu adalah salah satu efek positinya, sedangkan efek negatifnya adalah semakin banyak waktu kita buang di depan komputer sehingga melupakan kehidupan nyata dunia yang sesungguhnya.

Semakin banyak saja orang yang tergantung pada teknologi, sehingga komunikasi antar individu menjadi berkurang. Saat ini kita benar - benar sudah dijajah oleh teknologi, yang dulunya kita senang keluar rumah untuk menghabiskan waktu dengan orang lain, namun kini dengan adanya perangkat berteknologi tinggi kita malah jarang bertemu dengan orang secara langsung. Hanyak duduk, tidur2an, diam di tempat tidur dengan waktu yang lama dan seolah itu dunia kita saat ini.

Semakin lama kita menggunakan teknologi semakin lama pula waktu yang kita buang untuk bertemu dengan dunia nyata yang sesungguhnya. Kadang saya merasa bahwa hidup saya habis untuk menunggu loading. Itulah kenyataannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar